Saturday, January 5, 2013

SHOLAT



            Hari ini Minggu 6 Januari 2013. Apa kegiatan mu dihari libur ini Di? Seperti biasa pasti, tidur dan mengisi tenaga setelah 5hari kerja full di kantor. Aq sudah sangat hafal dengan tingkah laku teman-teman q yang sibuk bekerja dihari biasanya.
Aq ingin bercerita pendapat q tentang sesuatu yang banyak disepelekan orang dewasa ini Di. Dan aq sangat sedih melihatnya. Yah, semoga saja nanti setelah kamu bangun dari tidurmu, kamu juga bisa ceritakan pendapatmu tentang cerita q ini.
Indonesia dikenal sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim yang menguasai hampir seluruh wilayah negaranya. Walaupun tidak dipungkiri penduduk dengan agama selain Islam pun juga ada. Akan tetapi, jumlah penduduk muslim yang tinggal di Indonesia ini sudah mampu menjadikan Indonesia termasuk pada negara-negara muslim dunia.
Predikat negara muslim yang diperoleh Indonesia, seharusnya tidak hanya menjadi sebuah predikat belaka. Karena banyak tanggung jawab yang harus dikerjakan setelahnya. Yah, begitu juga dengan beragama. Manusia beragama tidak hanya sebagai pelengkap dalam undang-undang saja. Tetapi, dengan beragama setiap manusia harus melaksanakan tanggung jawab sesuai dengan agama yang dianutnya. Setidaknya aq berpikir begitu.
Akan tetapi dizaman sekarang aq banyak sekali melihat orang-orang beragama, khususnya Islam hanya sebagai kedok belaka. Yah, sekedar syarat untuk menjadi warga negara Indonesia. Miris memang, tapi begitulah adanya.
Islam mewajibkan seluruh umat agamanya untuk melaksanakan sholat lima waktu. Tidak hanya itu, dalam Islam ada yang disebut dengan Rukun Iman dan Rukun Islam. Pada Rukun Iman, kewajiban muslim adalah (1) Beriman kepada Allah SWT, (2) Beriman kepada para malaikat, (3) Beriman kepada Kitab Suci Al-Quran, (4) Beriman kepada para Rasul, (5) Beriman kepada hari akhir dan (6) Beriman kepada Qada’ dan Qadar. Sedangkan pada Rukun Islam kewajiban muslim adalah (1) Mengucapkan dua kalimat syahadat, (2) Mendirikan shalat, (3) Menunaikan zakat, (4) Berpuasa di bulan Ramadhan dan (5) Menunaikan Haji ke Mekkah bagi yang mampu. Dan semua ini hukumnya sangat jelas, yaitu WAJIB. Sebagai seorang muslim, maka dia harus melaksanakannya.
Tidak perlu meninjau kewajiban muslim secara keseluruhan, cukup dengan sholat saja mungkin, maka dapat dilihat siapa yang benar-benar menjalankan kewajibannya sebagai muslim dan siapa yang tidak. Perintah sholat sangat jelas. Sholat merupakan tiang agama.  Yah, walaupun mungkin orang yang rajin sholatnya belum tentu bagus prilaku lainnya. Karena sebenarnya sholat bukan tentang ritualnya tetapi tentang maknanya.


Zaman sekarang banyak ditemui orang-orang Islam yang tau ilmunya, tapi tidak menjalankan perintah Islam sesuai dengan apa yang diketahuinya. Mereka tahu hukum-hukum Islam mulai dari yang terkecil sampai yang terbesar. Tahu juga dengan hadist-hadistnya. Tapi tetap saja, hanya sebatas tahu. Lalu itu buat apa? Argh, kesal memang membayangkannya. Ketika berkoar-koar tentang agama, mereka ahlinya. Tetapi prakteknya, sholat pun tidak. Lalu buat apa.
Di sekitar q misalnya, mungkin hanya sebagian kecil yang menjadikan sholat sebagai sebuah kebutuhan. Selebihnya cenderung menyepelekan. Dan buat mereka meninggalkan sholat sudah jadi hal yang biasa saja. Ada yang berusaha dengan sangat agar rambutnya tidak kelihatan, tetapi hanya sebatas rambut saja. Lalu yang lain bagaimana? Ada yang jika diingatkan sholat, alasannya sholat berikutnya saja. Huff. Kalau tidak dibiasakan sejak kecil, susah memang. Akan tetapi, kenapa anak-anak kecil bisa lebih taat dibandingkan orang dewasa. Dilingkungan rumah q misalnya. Anak-anak kecil pasti rajin ke mushalla, tidak hanya untuk sholat tetapi untuk mengaji juga. Mengaji misalnya, kenapa hanya ketika kecil saja khatam Al-Quran? Lalu ketika dewasa? Mengaji pun tidak? Apa agama hanya untuk anak kecil saja?
Aq bersyukur dibesarkan dengan keluarga yang mengajarkan q banyak hal tentang beragama Islam. Memaksa malah. Dari kecil aq disuruh sholat dan mengaji tiap hari. Walaupun diwaktu kecil aq banyak bohongnya, tapi sampai sekarang aq punya beban tersendiri jikalau aq tidak melaksanakan sholat. Dan buat q, ngak papa telat asal sholat. Hehe :D Bahkan sampai sekarang pun, ketika mereka menelpon q tidak pernah lupa mengingatkan q untuk tidak meninggalkan sholat. Aq juga bukan muslim yang tanpa dosa, aq bukan muslim yang telah mengamalkan banyak hal, tapi sampai sekarang aq berusaha. Berusaha untuk mengamalkan apa yang aq tahu dan mencari tahu apa yang aq tidak tahu. Yah, semoga saja suatu saat nanti seluruh umat muslim dan aq jadi lebih baik, tidak hanya sekedar tahu tapi juga menjadikan agamanya sebagai kebutuhan individu.
Di, menurutmu cerita q ini bertele-tele tidak? Kamu dapat mengerti dan mengambil maknanya kan? Yah, ini cuma luapan kekesalan q ketika melihat mereka tidak benar-benar mengamalkan sholat menurut apa yang seharusnya. Walaupun aq juga bukan orang yang perfect untuk itu, tetapi aq terus berusaha kq Di. Aq terus berusaha menjaga sholat lima waktu q, yang mungkin terkadang juga suka telat.  Yah, at least kita berusaha, tidak dengan sengaja meninggalkannya.
Sudah dulu, selamat pagi Dialhu.

4 comments:

  1. Bersyukur dirimu lahir dan dibesarkan dari keluarga yang taat akan agama ya?
    Mungkin sekarang memang nilai2 agama dirasakan makin memudar saja dari hari ke hari...

    ReplyDelete
  2. @catatan kecilku : Iya, aq bersyukur. Semoga kedepan jadi lebih baik deh.

    ReplyDelete
  3. iya..bersyukur dilahirkan dilingkungan seperti itu..tpi bagaimana jika tidak?

    ReplyDelete
  4. @Jai-Man : ngak tau mau jawab apa. mungkin bernasib sama dengan orang-orang yang lalai. :(

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung.
Jangan lupa meninggalkan jejak ya!!